logo

Monday 18th of December 2017
Get the Flash Player to see this player.

Home Kegiatan Team Maleber
Kegiatan Team

I. Medco Peduli Lingkungan
Kegiatan penghijauan yang dilaksanakan oleh Medco sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan (CSR) dengan menanam pohon kayu keras secara bersama-sama di lokasi Perkebunan Teh Maleber yang di hadiri oleh Bapak Arifin Panigoro beserta Muspida,Muspika dan Tokoh Masyarakat setempat.

Sebagai bentuk kepedulian Bapak Arifin Panigoro sebagai Founding Father dari PT Medco, beliau sangat antusias dalam program penghijauan hal tersebut sesuai sebagaimana yang sampaikan dalam beberapa media , diantaranya media elektronik ( internet ) sebagai berikut :

Jumat, 30 November 2007
Reboisasi
Hijaukan Lahan Kritis di Jabar

"Jadi, kalau para pemilik lahan tidak mengambil bagian dalam program penghijauan ini, lahan kritis di Jawa Barat tak akan berkurang secara signifikan," kata Ketua Dewan Pemerhati Kehutanan dan Lingkungan Tatar Sunda Solihin GP, Rabu (28/11) saat penanaman lahan di Perkebunan Teh Maleber, Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur, yang diprakarsai kelompok usaha Medco.
Sementara itu, Chairman Medco Foundation Arifin Panigoro mengemukakan, program penghijauan selama ini kurang berhasil karena tidak ada perlakuan khusus terhadap tanaman muda. Padahal, tanaman hingga berumur tiga tahun harus mendapat pengawasan rutin karena pada umur itulah tanaman berada dalam tahap kritis.
"Artinya, kalau tanaman hanya dibiarkan setelah ditanam, akan banyak yang mati," ujar Arifin, seraya berharap kelompok swasta dan kelompok masyarakat secepatnya bergabung dalam program penghijauan. (aha)

03 Desember 2007
Dari Maleber Untuk Indonesia

Kegiatan program penghijauan terbaru yang dijalankan Medco Foundation adalah penanaman 5.000 pohon diatas lahan seluas 58 hektar di kawasan perkebunan teh Maleber, Jawa Barat, pekan lalu. Dua hari sebelumnya, Medco juga telah menyediakan 50 ribu bibit pohon eukaliptus dan akasia untuk mendukung program penghijauan di Desa Urumb, Distrik Semangga, Kabupaten Merauke. Awal Desember, kegiatan serupa akan dilakukan di lahan seluas 500 hektare di Taman Nasional Lido, Jawa Barat.

Seluruh kegiatan itu merupakan bentuk partisipasi Medco Foundation dalam mendukung Program Penanaman 79 Juta Pohon yang dicanangkan oleh Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono, sebagai rangkaian kegiatan menyambut Konferensi Perubahan Iklim Global di Bali pada 3 - 14 Desember 2007. "Dari 20 juta hektare lahan kritis se-Indonesia, maka kami akan membantu penghijauan hingga mencapai satu juta hektare," kata Arifin.(aha)

Jumat, 30 November 2007
Reboisasi
Hijaukan Lahan Kritis di Jabar

"Kalau saya mau jahat, lahan di kaki Gunung Gede-Pangrango ini saya bangun real estate atau lapangan golf dan uang akan mengalir ke kantong saya. Tetapi, saya tak mau itu. Saya lebih suka membuat lahan ini hijau kembali dan semua orang akan mendapatkan manfaatnya," tutur mantan anggota DPR itu.
Pernah pada saat hujan besar turun, sebuah rumah di kompleks Perkebunan Teh Maleber rusak akibat banjir bandang. Nah, kata Arifin, kalau hal seperti ini dibiarkan bisa-bisa suatu hari nanti tak hanya rumah di perkebunan ini yang rusak, tetapi pemukiman penduduk pun tenggelam.

Selain itu juga,pada hari Kamis tanggal 24 Desember 2009 melalui wawancara dalam acara Green Style di METRO TV, beliau menyampaikan masukan dan pandangannya mengenai hasil Konferensi Kopenhagen terkait dalam rangka penghijauan dalam menanggulangi gas Co2 bagi Indonesia, beliau menyampaikan bahwa kegiatan penghijauan dilaksanakan jangan menunggu dulu adanya aliran dana , namun dapat dilaksanakan kapan pun juga terlepas ada bantuan dana atau tidak. Hal tersebut telah beliau buktikan dalam rangka menjaga kelestarian lingkungan dan dalam rangka menanggulangi dampak pemanasan global sebagai contoh :

  • Penanaman kembali pohon teh di Perkebunan Teh Maleber seluas 45 Ha.
  • Penanaman kayu keras sebanyak seribu pohon bekerjasama dengan Muspida Kabupaten Cianjur sebanyak 1.000 ( seribu ) pohon.
  • Pembuatan pembibitan kayu keras untuk kawasan konservasi Gunung Gede Pangrango.
  • Pemberian bibit kayu keras kepada Kecamatan Pacet Kabupaten Cianjur sebanyak 1.000 (seribu )pohon untuk di tanam di kanan kiri jalan protokol.
  • Pemberian bibit kayu Afrika dan kayu Suren sebanyak 40.000 bibit untuk kegiatan penanaman di Taman Nasional Wilayah 2 Lido, Bogor.
  • Pemberian bibit kayu Suren sebanyak 1.500 bibit ke Kecamatan Cisompet,Pameungpeuh Garut, untuk kegiatan penanaman di kawasan Konservasi bekerja sama dengan Dewan Pemerhati Kehutanan dan Lingkungan Tatar Sunda.

Dan banyak lagi kegiatan atau sumbangan yang telah di berikan beliau dalam rangka penghijauan.

Di atas sebelah kiri adalah cuplikan wawancara beliau dalam Acara Green Style di Metro TV.

 II. Pembibitan kayu keras
Pembibitan kayu keras yang berada di Perkebunan Teh Maleber hasil kerjasama dengan Taman Nasional Gede Pangrango,beberapa jenis kayu keras di bibitkan disini antara lain, Kayu suren, Kayu Manglid,Kayu Afrika, dan berbagai jenis kayu lainnya.

   

III. Pengobatan Gratis
Kegiatan pengobatan gratis yang dilaksanakan oleh Medco Foundation bekerja sama dengan Posko Jenggala dan Perkebunan Teh maleber yang bertujuan membantu masyarakat di sekitar lokasi Perkebunan Teh Maleber. Jumlah Pasien yang diberi pelayanan pengobatan gratis tahap pertama sebanyak 4.000 orang dan tahap kedua 2.500 orang.



IV. Kegiatan belajar mandiri SMP Terbuka An Nissa Maleber
Kegiatan belajar mengajar setingkat SMP bagi anak – anak yang tidak mampu secara ekonomi, berada di lokasi Perkebunan Teh Maleber yang kegiatannya di fasilitasi oleh perusahaan.


VI. Kegiatan Sosial Lainnya :
Pengaspalan Jalan


Bantuan Pengembangbiakan ternak kambing


Pemberian Hewan Qurban

 

Language

PETA LOKASI

View Perkebunan Teh Maleber in a larger map